mem(BICARA)kan dan men(DENGAR)kan

Dear people.

Pernah membicarakan orang lain? Iya, sepertinya hampir semua orang pernah membicarakan tentang orang lain. Eits, ‘membicarakan orang lain’ tidak selalu berkonotasi negatif lho ya. Bisa saja kan membicarakan orang lain terkait kebaikan ataupun prestasinya? 🙂

Pernah terbayangkah bagaimana orang lain membicarakan kita? Pernah terfikir kira-kira bahan apa yang dibicarakan orang lain terkait kita? Baik dari sisi bagus maupun buruknya kita?

Well, the point is, semua orang adalah bahan pembicaraan bagi orang lain. Dan diantara bahan pembicaraan itu tentu selalu ada dua sisi, baik dan buruk. Apapun yang kita lakukan, orang lain menilai, dan itulah bahan pembicaraan mereka.

No matter what we do, people judge. Pernah dengar ini sebelumnya? Dengan kalimat itu orang cenderung berfikir ‘yasudah, toh apapun yang saya lakukan akhirnya akan dibicarakan orang lain juga’. Lantas? Sudah itu saja? Menurut saya sih, iya memang semua yang kita lakukan pasti akan dilihat dari dua sudut pandang, positif dan negatif. Tapi setelah itu? Justru itulah saatnya kita MENDENGARKAN. Mendengarkan apa kata orang tentang kita. Mendengarkan apa baiknya kita menurut orang, mendengarkan apa buruknya kita menurut orang.

Sejujurnya saya lebih suka mendengarkan orang lain membicarakan saya -baik bagus ataupun buruknya- di depan saya, daripada di belakang. Dan jika saya tahu keburukan saya menurut orang lain, memang kenapa? Banyak orang tidak suka mendengar keburukan mereka sendiri. Well if that’s yours, admit it. Whatever it is, it’s you. It’s your good and bad makes the real you. 🙂

Karena kesalahan ada untuk diintrospeksi dan diperbaiki. Yuk sama-sama berusaha menjadi lebih baik. Gampang sih ngomongnya, saya juga tahu jika menjalaninya tidak akan semudah itu. Well yang paling penting menurut saya sih, marilah kita MENDENGARKAN. Jangan menutup telinga atas kesalahan atau keburukan kita. Saat kita belum bisa merubahnya, cukuplah dengan mengakuinya. Because when there’s no more to do, and no more to say, it’s time to listen. 🙂

Cheers xxx

Leave a Reply

